Kekuatan Paving Block

Pahami Kekuatan Paving Block Anda

Kenali Sejak Dini Kekuatan Paving Block Anda sebelum Terjadi Kekecewaan

Seorang konsultan, perencana, kontraktor, atau developer sukses seperti Anda pasti tau bahwa memberikan Produk/Layanan yang terbaik kepada klien adalah KEWAJIBAN.

Hal ini wajib diperhatikan untuk menjaga Integritas dan Kepercayaan dari klien kepada Anda.

Bayangkan apa yang akan terjadi jika Integritas dan Kepercayaan itu tidak dijalankan sepenuhnya oleh Anda?
Sudah pasti Anda akan ditinggalkan, dan klien Anda akan pindah ke oranglain yang lebih mereka percayai.

Sungguh Ironis.

Sama halnya dengan Anda sebagai customer yang menjadi pengguna produk/layanan. Pastinya Anda juga tidak ingin jika produk yang dibeli tidak sesuai dengan harapan.

Harapan Anda dengan membeli produk/layanan yang berkualitas, kuat, awet, dan tahan lama akan menyelesaikan masalah. Tapi realita yang Anda rasakan malah sebaliknya.

Akhirnya, waktu pun tersita dan Anda pun terpaksa mengeluarkan biaya yang lebih banyak lagi.

Melelahkan…

Semoga hal itu semua tidak terjadi pada Anda.

Kami yakin Anda sebagai konsultan, perencana, kontraktor, dan developer yang berintegritas SEPAKAT bahwa memberikan Produk dan Layanan Terbaik adalah KEWAJIBAN.

Dan Anda pun sebagai customer pasti menginginkan produk yang berkualitas untuk keamanan dan kenyamanan jangka panjang baik itu untuk keluarga Anda, maupun usaha Anda.

Begitu juga dalam memilih Paving Block, mengetahui kualitas adalah Faktor Utama dan Terpenting yang harus Anda perhatikan dalam memilih Paving Block. Termasuk didalamnya mengetahui KEKUATAN.

Kenapa mengetahui kekuatan Paving Block itu Penting?

Setidaknya ada 2 hal yang membuat Anda harus menyadari bahwa mengetahui kekuatan Paving Block itu penting :

  • Bagi Anda yang berprofesi sebagai Konsultan, Perencana, Kontraktor, dan Developer, mengetahui Kekuatan Paving Block dapat menaikan nilai jual Anda (bergain) untuk mendapatkan Kepercayaan/Trust dari Klien
  • Dan bagi Anda sebagai Pengguna baik digunakan untuk keperluan rumah atau Bisnis Anda, mengetahui kekuatan Paving Block akan meminimalisir kerugian Anda baik dari segi waktu dan biaya. Karena semakin Anda mengetahuinya, maka semakin jelas gambaran Paving Block yang terbaik untuk Anda, Keluarga Anda, maupun Usaha Anda saat ini dan kedepannya.

Lalu bagaimana caranya supaya Anda bisa tau kekuatan Paving Block?

Naah.. sebelum kita membahas lebih lanjut tentang Kekuatan Paving Block saya ingin bertanya, apakah Anda sudah menentukan tujuan penggunaan Paving Block itu sendiri?

Ini penting karena akan mempengaruhi dasar penentuan Kekuatannya. Berbeda tujuan penggunaan akan berbeda pula terhadap kekuatannya.

  • Kekuatan Paving Block untuk pelataran parkir akan berbeda dengan kekuatan Paving Block untuk pedestrian/pejalan kaki.
  • Kekuatan Paving Block untuk kendaraan pribadi akan berbeda pula dengan kekuatan Paving Block untuk kendaraan beban berat.
  • Kekuatan Paving Block untuk jalan ramai/aktif akan berbeda dengan kekuatan Paving Block untuk jalan sedang/pasif.

Maka dari itu sebelum Anda menentukan kekuatan, sebaiknya Anda menentukan tujuan penggunaannya terlebih dahulu.

kekuatan paving block
kekuatan paving block

Kita lanjut ya bahas Kekuatan Paving Block….
Saya anggap Anda sudah menentukan tujuan penggunaan Paving Block.

Next….

Bagaimana caranya supaya Anda bisa tau kekuatan Paving Block?

Secara sederhana, Anda bisa melakukan 3 langkah ini untuk memperkirakan :

  • Langkah pertama dan paling sederhana, Anda bisa lihat Kepadatan dan Kerapatan body paving block dari samping. Biasanya paving block yang Kuat, body nya akan Lebih Rapat dan Lebih Padat.
  • Yang kedua setelah melihat kepadatan dan kerapatan body paving block, Anda juga bisa membenturkan antar paving block. Paving Block yang kuat biasanya akan terdengar lebih nyaring atau “nyentring” bila dibenturkan. Ini biasanya menunjukan kadar bahan baku yang digunakan.
  • Dan yang ketiga yang bisa Anda lakukan adalah menimang-nimang Paving Block dengan tangan anda. Paving Block yang rapat, padat, dan kadar bahan bakunya bagus pasti berhubungkait dengan bobot. Makin bagus bahan bakunya, makin padat dan rapat produknya, biasanya akan semakin berat bobot paving blocknya.

Itulah langkah-langkah sederhana yang bisa Anda lakukan sebagai estimasi awal untuk memperkirakan kekuatan paving block.

Jika Anda menginginkan hasil yang lebih akurat dan terpercaya, kami merekomendasikan sebaiknya Anda melakukan pengujian di laboratorium uji beton terdekat di daerah Anda dengan mengambil sample produk secara acak 5 pc s/d 10 pc.

Lebih banyak pastinya akan lebih akurat 

Pengujian kekuatan Paving Block di Laboratorium Beton

Ada banyak pengujian yang bisa dilakukan untuk mengukur Kekuatan Paving Block.

Tapi yang sering diperhatikan dilapangan hanya 3 hal, yaitu :

  • Kuat Tekan Paving block
  • Ketahanan Aus, dan
  • Kuat Lentur.

Namun pada kesempatan kali ini, kita hanya akan fokus ke salah satu hal yang paling umum ditanyakan di lapangan yaitu Kuat Tekan Paving block.

Satuan yang dipakai adalah kg/cm2 atau Mpa, namun kebanyakan orang meringkasnya dengan sebutan “K”

Untuk memudahkannya, mari kita lihat gambar tabel yang ada dibawah ini.

Kekuatan paving block

Gambar diatas merupakan tabel hasil pengujian Kekuatan Tekan Paving Block yang diterbitkan oleh Laboratorium Rekayasa Struktur ITB.

Fokus kita dalam menentukan Kekuatan Tekan Paving Block terletak pada tabel yang telah digaris merahi.

Apa itu mPa ?

mPa adalah nama satuan fisika, kepanjangannya adalah mega Pascal.

1 Mpa = 1 x 10,197 kg/cm2
20 Mpa = 20 x 10,197 = 203,94 kg/cm2
30 Mpa = 30 x 10,197 = 305,91 kg/cm2 

1 kg/cm2 = 1/10,197 Mpa
100 kg/cm2 = 100/10,197 = 9,80 Mpa
400 kg/cm2 = 400/10,197 = 39,23 Mpa

Namun kebanyak orang menyebutkan bahwa 1 mPa = 10 kg/cm2.

Hal tersebut dimaksudkan untuk memudahkan perhitungan jika angkanya dibulatkan.

1 mPa =  10 kg/cm2 = K-10
20 mPa = 200 kg/cm2 = K-200
35 mPa = 350 kg/cm2 = K-350

Anda Mengerti ?

Silahkan acungkan tangan kalau belum mengerti ? hehehe…

Saya contohkan sebuah kasus yang sering terjadi di Paving Samson antara Penjual (P1) dan Pembeli (P2)

P2 : Halo Pak, ada Paving Block K-300 ?

P1 : Oiya ada Pak. Untuk keperluan berapa m2 ?

Dari contoh kasus diatas bisa kita simpulkan bahwa Pembeli (P2) itu sedang mencari Paving Block bertekanan beton K-300 atau 300 kg/cm atau 30 mPa

Sejauh ini apakah Anda mengerti dengan kuat tekan Paving Block?
Jika Anda masih belum mengerti, Silahkan chat kami untuk bertanya…

Mari kita lanjutkan!

Ada 2 metode yang sering digunakan dalam pengujian Kuat tekan Paving block, diantaranya :

  1. Metode Benda Utuh, dengan standar pengujian yang mengacu pada British Standar (BS) 6717 : 1993 adalah metode pengujian yang umumnya menggunakan paving block persegi panjang (Bata, Truepave) sebagai benda uji nya.
  2. Metode Benda Kubus, dengan standar pengujian mengacu pada Standar Nasional Indonesia (SNI) 03-0691-1996 adalah metode pengujian yang menggunakan kubus sebagai benda uji nya.
    Jadi sebelum diuji, paving block akan dipotong menjadi kubus yang ukurannya disesuaikan dengan ketebalan paving block. Jika tebal paving yang diuji adalah 6 cm, maka paving akan dipotong dengan ukuran kubus 6 cm x 6 cm x 6 cm. Jika tebal paving yang di uji adalah 8 cm, maka paving akan dipotong dengan ukuran kubus 8 cm x 8 cm x 8 cm.

Dikarenakan metode yang digunakannya berbeda, maka hasil yang akan didapatkannya pun tentu berbeda.

Hasil uji dari metode benda utuh biasanya lebih besar daripada benda kubus. Hal ini dikarenakan benda uji yang dipakai metode benda utuh lebih besar, luas, dan berat daripada benda kubus.

Paving block dengan metode benda utuh mendapatkan hasil kuat tekan rata-rata 400 kg/cm2. Namun saat di uji dengan metode benda kubus bisa jadi 250 kg/cm2 atau 200 kg/cm2.

Dengan metode benda utuh, luas bidang tekan menyesuaikan luas produk. Jika produk yang diuji adalah Paving block dengan luas 200 cm2, maka luas bidang benda yang di uji pun 200 cm2.

Berbeda dengan metode benda kubus.

Dengan produk yang diujinya sama seperti benda utuh (Paving block dengan luas 200 cm2), metode benda kubus mengharuskan produk tersebut dipotong sesuai tebal paving block.

Jika tebal produk 6 cm, maka produk harus dipotong hingga dimensi kubus 6 cm x 6 cm. Sehingga luasnya menjadi 36 cm2.

Jika tebal produk 8 cm, maka produk harus dipotong hingga dimensi kubus 8 cm x 8 cm. Sehingga luasnya menjadi  64 cm2.

Karena hasil (kuat tekan yang diinginkan) lebih mudah didapatkan, dan lebih hemat, banyak suplier/perusahaan yang menguji kuat tekan paving block dengan metode benda utuh. 

Namun dari sisi kualitas, pengujian yang dilakukan dengan metode benda kubus hasilnya lebih detail dan maksimal dibandingkan dengan benda utuh.

Output produk yang teruji dengan metode benda kubus pun hasilnya lebih Kuat daripada output produk yang teruji dengan benda utuh.

Paving block yang diuji dengan metode benda kubus mendapatkan hasil kuat tekan rata-rata 400 kg/cm2. Namun saat di uji dengan metode benda utuh bisa jadi 500 kg/cm2.

Maka dari itulah, Metode Benda Kubus dijadikan standar acuan oleh Badan Standarisasi Nasional Indonesia (BSNI) untuk kategori Bata Beton untuk lantai (SNI 03-0691-1993).

Jika Anda ingin melihat referensi lengkapnya tentang Standar Nasional Indonesai untuk Paving Block, silahkan KLIK DISINI

kekuatan paving block

Selain membuat Standar Pengujian Paving Block, Badan Standarisasi Nasional Indonesia (BSNI) juga mengeluarkan Syarat mutu dan Klasifikasi penggunaan Paving Block.

Tentunya persyaratan ini hanya berlaku jika pengujian Paving Block dilakukan dengan metode benda kubus yang rujukannya mengacu pada SNI 03-0691-1996.

Klasifikasi dan syarat mutu bisa Anda lihat digambar dibawah ini.

kekuatan paving block

Tabel Mutu menjelaskan klasifikasi atau standar penggunaan yang direkomendasikan oleh Badan Standarisasi Nasional. Berikut Penjelasannya :

kekuatan paving block

Mutu A

Bata beton Mutu A memiliki tekanan beton rata-rata diangka 40 mPa/K-400 (400 kg/cm), dengan minimum 35 mPa/K-350 (350 kg/cm).

Kuat Tekan bata beton jenis ini kualifikasinya cukup tinggi.

Maka dalam rekomendasinya juga bisa dipakai untuk jalan.

Mutu B

Paving Block jenis ini kuat tekan nya rata-rata pada kisaran 20 mPa/K-200 (200 kg/cm), dengan minimum diangka 17 mPa/K-170 (170 kg/cm). Badan Standarisasi Nasional merekomendasikan pemakaiannya digunakan untuk pelataran parkir. 

kekuatan paving block

Jenis C dan D

Gunakanlah Paving Block ini hanya untuk keperluan taman atau pejalan kaki saja.

Kebanyakan Paving Block jenis ini tidak diproses secara khusus sebagaimana proses produksi pada jenis-jenis Paving Block sebelumnya (Mutu A dan B). Paving Block jenis ini kebanyakan di cetak dengan cara press mesin biasa atau bahkan digebuk (press tangan).

kekuatan paving block

Pada kenyataannya, kualitas Paving Block memang tidak hanya bergantung pada proses cetaknya saja. Campuran bahan baku, sarana prasarana juga turut andil dalam menentukan kualitas Paving Block.

Proses cetak manual mempunyai ketergantungan pada kondisi manusia (dalam hal ini adalah tukang cetak). Faktor fisik dan mood sangat berpengaruh pada hasil cetaknya. Sebagai contoh yang sering saya temuin dilapangan diantaranya :

  • Hasil Paving Block yang dicetak di pagi hari, berbeda dengan hasil cetak pada siang, sore, atau malam hari
  • Hasil Paving Block yang dicetak oleh tukang yang satu, berbeda dengan tukang lainnya
  • Hasil Paving Block yang dicetak oleh tukang yang baru tapi usianya muda, belum tentu sama dengan hasil yang dicetak oleh tukang yang sudah lama tapi usianya sudah tidak muda
  • Dan lain sebagainya.

Jadi, untuk menjaga hasil pemasangan dari kondisi diatas, saya menyarankan lebih baik Anda menggunakan Paving Block ini hanya untuk taman saja.

Ok, saya sudah mengerti dengan pemaparan diatas. Sekarang, bagaimana dengan kekuatan Paving Block yang tersedia di Paving Samson ?

Sesuai dengan salah satu misinya, Paving Samson sangat Totalitas dalam menjaga kualitas produk. Termasuk di dalamnya kekuatan.

Paving Samson juga memahami kondisi market yang harus menyesuaikan pekerjaannya dengan Anggaran dan budget. 

Tolak ukur Paving Samson dalam menentukan kekuatan Paving Block mengacu pada 2 metode, yaitu metode pengujian sesuai dengan Standar Nasional Indonesia (SNI) dan metode pengujian Barang Utuh dengan sample Truepave atau Paving block Persegi Panjang.

Dan dari hasil metode pengujian tersebut, Paving Samson membagi produk paving blocknya dalam 3 jenis yaitu : Standar, Super, dan Premium

Jenis Standar/Paving Block Standar adalah Produk paving block yang diproduksi dengan mesin press hidrolis.

Pengujian kekuatan paving block mengacu pada metode barang utuh. Dengan hasil uji rata-rata pada kisaran 200 kg/cm2 sampai dengan 300 kg/cm2

Sangat cocok untuk Anda yang mencari paving block berkualitas namun dengan harga yang ekonomis.

Informasi Lengkap tentang produk dan harga bisa Anda KLIK DISINI

Selanjutnya, Jenis Super/Paving Block Super adalah Produk paving block yang diproduksi dengan mesin press hidrolis full Automatic.

Spesfikasi produk mengacu pada Standar Nasional Indonesia (SNI) dengan Kualifikasi Bata Beton Mutu B.

Melalui pengujian barang utuh, kuat tekan paving block rata-rata diatas 300 kg/cm2 (diatas K 300). Namun jika pengujiannya dengan metode barang Kubus (SNI), maka kuat tekan yang dihasilkannya rata-rata 250 kg/cm2 (K 250).

Paving block ini mempunyai ketahanan Aus rata-rata 0.070 mm/menit. Dan sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan oleh Badan Standarisasi Nasional untuk Bata Beton mutu B, produk ini kami rekomendasikan untuk Anda yang ingin membuat pelataran parkir.

Informasi Lengkap tentang produk dan harga bisa Anda KLIK DISINI

Dan terakhir, Jenis Premium/Paving Block Premium. Bagi Anda yang ingin merasakan performa terbaik dari Paving Samson, Paving Premium adalah rekomendasi kami.

Dengan kuat tekannya yang rata-rata diatas 450 kg/cm2 (lebih dari K 450) paving ini mampu menopang berat beban hingga diatas 50 ton seperti areal industri yang sering dilintasi kendaraan beban super berat mulai dari Truk, Fuso, Tronton, hingga Kontainer.

Paving block jenis Premium jika metode pengujiannya menggunakan barang utuh, maka hasil yang diperoleh rata-rata mencapai 600 kg/cm2 (K 600). Namun dengan metode pengujian SNI, kekuatan mutu beton yang diperoleh rata-rata 480 kg/cm2 (K 480).

Informasi Lengkap tentang produk dan harga bisa Anda KLIK DISINI
kekuatan paving block
kekuatan paving block

Untuk bisa tau Harga saya harus kemana ?

Jika Anda ingin tau harga Paving Block di Paving Samson, Anda bisa chat kami Sekarang atau Tekan Tombol dibawah ini Sekarang!

Demikian sekilas paparan kami tentang Kekuatan Paving Block, semoga bermanfaat dan membantu dalam memberikan referensi Pekerjaan Anda.

Paparan diatas hanyalah gambaran umum seputar kekuatan paving block beserta rekomendasi penggunaannya.

Bilamana Anda memiliki kasus yang lebih spesifik dan memerlukan penjelasan yang lebih lengkap, silahkan langsung menghubungi kami di 0823-4004-0075 (Whatsapp, SMS, Telp)

Dan jika Anda ingin lebih tau seputar produk Paving Block dari Paving Samson, silahkan Anda lihat dan klik disini Sekarang

Terimakasih
Paving Samson “The Best Partner for You

Salam,
Haedar Nashir
(Digital Marketing Paving Samson) 

JAM BUKA PELAYANAN

  • Setiap Hari : 08.00 - 17.00

FOLLOW US

EMAIL

pavingsamson@gmail.com

Office Marketing :

Jalan AH. Nasution No. 112 Sukamiskin, Arcamanik. Kota Bandung 40293

Telp/Fax : (022) 7216940

Workshop 1 :

Jalan Raya Gunung Batu No. 102 A Sukaraja, Cimindi. Kota Bandung

Telp/Fax : (022) 6127011

Workshop 2 :

Jalan Raya Singaparna-Garut KM 1 Singaparna, Kabupaten Tasikmalaya

Telp/Fax : (0265) 544686